Cari Tempat Wisata


Bukit Kasih Kanonang Minahasa : Simbol Kerukunan Umat Beragama di Sulawesi Utara

Bukit Kasih Kanonang Minahasa : Simbol Kerukunan Umat Beragama di Sulawesi Utara
Kategori : Wisata Religi / Kristen
Lokasi Indonesia / Sulawesi Utara
Alamat : Bukit Kasih, Kanonang, Sulawesi Utara
Views : 852

Bukit Kasih merupakan salah satu objek wisata di Sulawesi Utara. Terletak di 50 km sebelah selatan Manado, tepatnya berada di desa Kanonang, Kabupaten Minahasa.

Bukit kasih adalah bukit belerang yang masih aktif dan memiliki atmosfir yang dingin. Dibangun pada tahun 2002 sebagai pusat spiritual di mana para penganut agama dari berbagai agama dapat berkumpul, bermeditasi dan beribadah berdampingan di bukit tropis yang rimbun dan berkabut. Pemandangan di sekitar bukit kasih masih sangat asri dan hijau.

Bukit ini disebut Bukit Kasih karena di situlah orang-orang dari berbagai agama dapat berkumpul dan berdoa sesuai dengan kepercayaan agama mereka sendiri dalam harmoni dan damai. Selain itu, Bukit kasih merupakan simbol perdamaian dan kerukunan antar umat beragama.  Ada lima rumah ibadah di sini; Sebuah gereja Katolik, gereja Kristen, sebuah vihara, sebuah masjid dan kuil Hindu yang dibangun di puncak kedua.

Di pintu masuk Bukit Kasih terdapat sebuah tugu toleransi setinggi 22 meter. Di dalam tugu tersebut terdapat kutipan simbol dan kutipan dari masing-masing agama. Tugu ini juga merupakan monumen untuk mengingatkan akan toleransi dalam kehidupan beragama.

Pada puncak pertama terdapat salib putih setinggi 53 meter yang bisa dilihat bahkan dari pantai Boulevard di Manado. Selain itu, tempat ini diyakini sebagai tempat asalnya asal suku nenek moyang Minahasa, Toar dan Lumimuut. Wajah mereka diukir di lereng bukit di bawah puncak kedua. Waja tersebut diukir dengan maksud agar masyarakat Minahasa tidak lupa akan nenek moyang mereka.

Untuk mencapai Bukit, pengujung harus menaiki anak tangga yang cukup panjang. Di beberapa titik jalur anak tangga terdapat kolam belerang di sisi kiri dan kanan.  Setibanya di puncak, pengunjung dapat dengan leluasa menyaksikan pemandangan yang luar biasa. Kemudian, pengunjung dapat melihat lebih dekat keberadaan kelima rumah ibadah di puncak ini. Di salah satu tempat ibadah tersebut, Anda bisa menyempatkan diri untuk beribadah ata berdoa sesuai dengan kepercayaan Anda.

Untuk bisa masuk ke Bukit Kasih, pengunjungan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5.000/orang  dan apabila membawa kendaraan sendiri dikenakan tambahan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Fasilitas

Bukit Kasih memiliki fasilitas seperti warung-warung yang menjual berbagai makanan dan minuman, penjualan merchandise, kolam air panas yang alami, jasa shooting foto dan toilet.

Penginapan

Karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari Kota Manado, Anda dapat menginap di Kota Manado. Di Kota Manado terdapat beragam hotel dari kelas melati hingga bintang lima.

Mencapai Lokasi Bukit Kasih

Dari Kota Manado, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum menuju Kota Tomohon selama 1 jam perjalanan. Dari Kota Tomohon dilanjutkan ke Desa Kanonang di Kabupaten Minahasa dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sulawesi Utaramore »