Cari Tempat Wisata


Candi Kalasan : Candi Budha Tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta

Candi Kalasan : Candi Budha Tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Candi (Kuil)
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Candi Kalasan, Jl. Raya Yogya - Solo, Suryatmajan, Danurejan, Daerah Istimewa Yogyakarta
Views : 119

Candi Kalasan diyakini sebagai candi Budha tertua di Jawa Tengah dan Yogyakarta, bahkan mendahului Candi Borobudur kolosal. Terletak di jalan utama selatan antara kota-kota di Yogyakarta dan Solo, sekitar 2 Km dari kompleks Candi Prambanan. Candi ini berdiri di atas dasar persegi  45x45 meter.

Masing-masing dari empat titik kardinal utama memiliki tangga dan gerbang yang dihiasi dengan Kala-Makara dan juga kamar berukuran 3,5 meter persegi. Tidak ada patung yang ditemukan di ruangan yang lebih kecil menghadap utara, barat, dan selatan; Tapi tiang teratai menunjukkan bahwa ruangan itu dulu pasti berisi patung bodhisattva. Candi ini kaya dihiasi dengan tokoh Budha seperti Bodhisattva dan Gana.

Prasasti Kalasan yang ditemukan di dekat candi menunjukkan bahwa candi ini selesai dibangun pada tahun 700 Saka atau 778 M. Ditulis dalam bahasa Sanskerta dengan menggunakan naskah Pranagari. Salah satu fitur penting dari bait suci adalah atap berbentuk segi delapan, yang menampilkan gambar-gambar berukir Buddha Tathagata / menghadap empat poin utama, yang masing-masing diapit oleh sepasang bodhisattva dengan relief.

Candi Kalasan terletak di lembah Prambanan yang kaya arkeologi. Hanya beberapa ratus meter ke timur laut Kalasan, orang akan menemukan Candi Sari yang paling mungkin merupakan vihara yang disebutkan dalam prasasti Kalasan.

Menuju Lokasi

Candi Kalasan terletak kira-kira sekitar 13 Km arah timur dari Yogyakarta, sekitar 100 meter selatan dari jalan utama Yogyakarta-Solo menuju ke Kompleks Candi Prambanan. Dari Yogyakarta perjalanan akan memakan waktu sekitar 25-35 menit. Jika Anda ingin naik kendaraan umum, Anda bisa naik Bus TransJogja di banyak tempat shelter di Yogyakarta dengan arah ke Prambanan seharga Rp 3.000.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di DI Yogyakartamore »