Cari Tempat Wisata


Klenteng Sam Poo Kong di Semarang : Penggabungan Budaya dan Sejarah yang Indah

Klenteng Sam Poo Kong di Semarang : Penggabungan Budaya dan Sejarah yang Indah
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Candi (Kuil)
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Jalan Simongan, Semarang, Jawa Tengah
Views : 1487

Klenteng Sam Poo Kong, yang juga dikenal dengan Gedung Batu, adalah Klenteng China tertua di Semarang, ibukota Provinsi Jawa Tengah. Tidak seperti kebanyakan kenteng, bangunan tersebut bukan milik agama tertentu, melainkan berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi orang-orang dari berbagai etnis dan kelompok agama termasuk umat Buddha, Taois dan Muslim. Klenteng ini terletak di Jalan Simongan, Semarang Barat.

Sam Poo Kong adalah klenteng tertua  dan membentang sepanjang 3,2 hektar. Bangunan ini mencakup area seluas 1.020 meter persegi dan dipengaruhi oleh gaya arsitektur Cina dan Jawa abad ke 14. Candi ini dilukis dengan warna merah megah dan dimahkotai dengan atap bergaya pagoda triple layer, khas budaya Asia Timur. Daerah sekitarnya tebal dengan asap dupa, memberi nuansa berada di China sendiri.

Baca juga : Mangrove Maerokoco : Daerah Tujuan Ekowisata Fotogenik di Semarang

Komplek klenteng Sam Poo Kong terdiri dari beberapa bagian seperti Klenteng Besar, Gua Sam Poo Kong, Klenteng Tho  Tee Kong dan empat tempat pemujaan. Klenteng Besar dan Gua Sam Poo Kong merupakan bagian paling penting dan merupakan pusat pemujaan. Di dalam Gua Sam Poo Kong terdapat mata air yang tidak pernah kering.

Klenteng Sam Poo Kong pertama kali dibangun oleh Laksamana Cheng Ho, seorang penjelajah muslim dari daratan Cina. Setelah beberapa lama, Cheng Ho meninggalkan Jawa, namun banyak krunya memutuskan untuk tinggal belakangan dan menetap di daerah tersebut. Mereka menikah dengan penduduk setempat, dan sampai sekarang, Simongan dihuni oleh masyarakat keturunan China.

Pada tahun 1704, klenteng asli dan goa ambruk dalam tanah longsor. Masyarakat setempat membangunnya kembali 20 tahun kemudian di lokasi yang berbeda, lebih dekat ke pusat kota dan lebih jauh dari daerah yang rawan bencana alam. Ini berfungsi baik sebagai tempat ibadah, dan tempat suci menghormati Cheng Ho untuk jasanya kepada masyarakat.

Di halaman Klenteng Sam Poo Kong terdapat sejumlah patung termasuk patung Laksamaan Cheng Ho. Di halaman ini sering dilakukan atraksi tarian, barongsai dan kesenian lainnya untuk memperingati hari-hari tertentu seperti Hari Raya imlek dan Mengenang datangnya Cheng Ho ke Semarang.  Perayaan tersebut disertai dengan arak-arakan, bazaar dan festival barongsai.

Penginapan

Di dekat Klenteng Sam Poo Kong terdapat beberapa pilihan hotel antara lain:

UTC Semarang
Jln. Kelud Raya no. 2, Semarang 50237.

Hotel Candi View
Jl. Rinjani no 12, Semarang.

Hotel Candi baru
Jln. Rinjani 21, Semarang 50232.

Hotel Grasia
Jl. S.Parman no. 29, Semarang 50231

City Onexpress Sonic Airport
Jln. WR Supratman 27, Semarang 50149

Hotel Neo Candi Semarang
Jln. S.Parman no 56, Semarang 50231

 

Mencapai Lokasi Klenteng Sam Poo Kong

Penerbangan ke Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang  tersedia dari Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bandung, Balikpapan dan Banjarmasin.

Klenteng Sam Poo Kong terletak di Jalan Simongan, kira-kira 3 KM sebelah barat dari Simpang Lima dan sekitar 20 menit dari pusat kota. Klenteng ini buka untuk umum selama 24 jam.

or cancel