Cari Tempat Wisata


Pura Goa Lawah Bali : Salah Satu Pura Terpenting di Bali dan Menjadi Titik Perhentian saat Tur

Pura Goa Lawah Bali : Salah Satu Pura Terpenting di Bali dan Menjadi Titik Perhentian saat Tur
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Candi (Kuil)
Lokasi Indonesia / Bali
Alamat : Pura Goa Lawah, Desa Pesinggahan, Dawan, Klungkung, Bali
Views : 1122

Goa Lawah adalah salah satu pura terpenting di Bali. Ini memiliki kompleks yang dibangun di sekitar lubang gua yang dihuni oleh gerombolan kelelawar, dan namanya diterjemahkan menjadi 'Gua Kelelawar'. Pandi ini didirikan pada abad ke 11 oleh Mpu Kuturan, salah satu pendeta awal yang meletakkan dasar-dasar agama Hindu di pulau ini.

Goa Lawah terletak di desa Pesinggahan, Dawan, berbatasan dengan Kabupaten Klungkung dan Karangasem. Tengara ini merupakan salah satu pemberhentian pertama tur ke Candidasa dan wilayah timur lebih jauh di dalam Kabupaten Karangasem.

Pura Goa Lawah merupakan kompleks besar di sisi utara jalan Raya Goa Lawah. Ini adalah persinggahan untuk berlibur penduduk setempat yang datang dengan persembahan dan melakukan sembayang singkat sebelum melanjutkan perjalanan mereka. Bagi pengunjung umum, ini adalah jadwal perjalanan yang disertakan di wisata pura untuk kesempatan foto bersama dengan istirahat penyegaran di kios-kios di seberang jalan di Pantai Goa Lawah. Anda bisa melihat garis besar Pulau Nusa Penida di cakrawala dari sini.

Dua pohon beringin besar berdiri tegak di pintu masuk utama Goa Lawah. Saat memasuki halaman tengah kuil, Anda akan melihat tiga paviliun bale di tiga sudut kompleks. Bale ini biasanya tempat persembahan buah ditempatkan dan di mana gamelan dimainkan selama upacara besar.

Di tengahnya ada kuil-kuil tua yang telah bertahan dengan gerombolan kelelawar nektar (Eonycteris spelaea) berkicau hiruk-pikuk di sekitar dan di belakang kuil di mulut gua. Inilah juga tempat suci Shiva yang telah berdiri selama ribuan tahun, bersama dengan bale yang dihiasi motif Naga Basuki, naga mitos yang diyakini menjaga alam semesta penyeimbang.

Dulu ada tempat untuk meditasi mendalam bagi para pendeta, meski sepertinya tidak mungkin melakukannya di tengah kicau itu, dengan mulut gua yang hampa memperkuat kebisingan. Namun, orang percaya nada tinggi alami yang konstan terbantu dalam fokus pemikiran mereka.

Cerita Mengenai Pura Goa Lawah

Kisahnya berawal dari seorang pangeran dari kerajaan Mengwi menyembunyikan diri dari musuh-musuh di dalam gua dan kemudian menelusuri, akhirnya muncul di Pura Besakih di kaki Gunung Agung, yang berada di timur laut dari lokasi ini. Tidak ada yang mencoba membuktikan kisah menarik ini.

Menurut masyarakat setempat, gua tersebut mengarah ke tiga lokasi yang berbeda, Gunung Agung (Besakih), Talibeng dan Tangkid Bangbang. Ada berbagai catatan bahwa ketika Gunung Agung meletus pada tahun 1963, abu muncul dari Goa Lawah.

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah di pagi hari ketika sebagian besar penduduk setempat yang tinggal di desa-desa terdekat datang untuk sembayang mereka sehari-hari. Namun, sore hari juga menyenangkan, karena pohon-pohon besar memberi  keteduhan hingga mendinginkan angin pantai selatan yang mengasyikkan dari seberang jalan. Ulang tahun piodalan atau pura Goa Lawah berlangsung setiap 210 hari pada siklus kalender Pawukon Bali dari Anggara Kasih Medangsia pada hari Selasa, hari ulang tahun yang sama dengan Pura Uluwatu.

Dengan arus peziarah dan pengunjung yang konstan, pura ini dikelola dengan baik dan terjaga. Goa Lawah telah mengalami serangkaian renovasi di sekitar dinding dan gerbangnya selama bertahun-tahun. Rombongan peziarah akan lebih padat sampai liburan Nyepi, saat ritual Melasti berlangsung di Malam Tahun Baru Saka. Ziarah panjang dari berbagai pura termasuk Goa Lawah menuju garis pantai terjadi ketika pusaka suci dan barang-barang pura diberkati di dekat laut.

Perjalanan atau Rute Menuju Pura Goa Lawah

Goa Lawah terletak di Desa Pesinggahan, Dawan, Kabupaten Klungkung. Untuk bisa sampai di sini, Dari Denpasar dibutuhkan waktu sekitar 75 menit perjalanan menggunakan mobil.

or cancel