Cari Tempat Wisata


Desa Merabu : Hutan Desa dengan Karts yang Menakjubkan di Kalimantan Timur

Desa Merabu : Hutan Desa dengan Karts yang Menakjubkan di Kalimantan Timur
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / Kalimantan Timur
Alamat : Merabu, Berau, Kalimantan Timur
Views : 380

Semenanjung karst di Kalimantan Timur adalah salah satu daerah aliran sungai terbesar yang belum tersentuh di dunia, pembentukan singkapan karst, benar-benar belum ditemukan, karena infrastruktur dan medan yang kasar. Hutan batu kapur yang menakjubkan adalah rumah bagi makhluk langka, dan tidak melupakan orangutan, dan makhluk hidupan liar lainnya. Flora dan fauna unik dari hutan kapur dan tanaman karts dengan pemandangan indah dari atas, ke daerah yang tertutup oleh hutan zamrud, menjelajahi gua-gua dengan tanda-tanda bersejarah suku Dayak yang mungkin pernah menghuni daerah itu, tidak dapat menahan perasaan emosional di belakang untuk mereka yang tertarik pada geologi.

Karst Provinsi Kalimantan Timur di kaki Taman Wehea memiliki Flora dan Fauna yang menakjubkan, Hutan Hujan Tropis, dan hutan hujan dataran rendah, sabuk pedalaman dinding batu kapur lembut yang berdiri lebih dari beberapa ratus meter tepat di langit. , lebih dari jarak beberapa kilometer panjangnya, dan membentuk salah satu hutan gelap terakhir yang belum ditemukan di Kalimantan. Kehidupan liar eksotis, orangutan yang hanya ditemukan di Sumatra dan Kalimantan, bersama dengan monyet belalai endemis, dan penghuni hutan lainnya termasuk macan tutul, monyet daun, kera, trenggiling, tarsius kecil, kadal, buaya, ular piton dan lebih dari 600 spieces burung, diantaranya yang populer adalah burung Kakatua dan Rangkong.

Berkunjung ke Kalimantan akan memiliki perjalanan pengalaman yang tak terlupakan, namun, wisata ini dirancang untuk mereka yang berjiwa petualang dan bersemangat. Terisolasi antara sungai kecil dan benteng puncak karst, penduduk Dayak Lebo di Merabu tidak pernah terlalu khawatir tentang politik atau dunia luar. Pada tahun 2014, mereka menjadi desa pertama di Kabupaten Berau yang mendapatkan pengakuan resmi atas hutan desa mereka, sebuah langkah penting menuju pengamanan hak-hak masyarakat adat. Sebagai bagian dari rencana pengelolaan hutan mereka yang baru, Merabu juga membuka pintunya untuk ekowisata - suatu kegiatan yang secara khusus diposisikan dengan baik.

Hutan batu kapur yang bergerigi di halaman belakang rumah mereka adalah salah satu daerah yang paling tidak dieksplorasi dan paling tidak dapat diakses di Kalimantan, yang berarti bahwa margasatwa sebagian besar telah dihindarkan dari perburuan yang berlebihan. Orangutan berdiam di dataran rendah sementara macan tutul berkeliaran di sisi gunung. Dari desa Anda dapat mengatur ekspedisi beberapa hari ke Danau Tebo, jauh di pedalaman, atau menghabiskan sore mendaki ke Puncak Ketepu untuk membangkitkan selera Anda sebelum terjun ke perairan pirus yang jelas dari mata air Nyadeng. Di sini ada Beloyot, sebuah gua di sisi tebing yang penuh dengan cetakan tangan yang berusia ribuan tahun, diakses dengan perjalanan setengah hari yang layak dari Indiana Jones (membawa obor). Kekayaan ekologis yang bertahan jauh di dalam hutan kapur Karst sebagai salah satu hutan terakhir yang belum dijelajahi di Indonesia.

or cancel