Cari Tempat Wisata


Desa Pentingsari di Kecamatan Cangkringan, Yogyakarta : Desa Wisata Favorit

Desa Pentingsari di Kecamatan Cangkringan, Yogyakarta : Desa Wisata Favorit
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Desa Pentingsari, Cangkringan, Yogyakarta
Views : 70

Salah satu desa yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi ketika menghabiskan liburan di Kaliurang adalah Pentingsari. Desa ini bagian dari Kecamatan Cangkringan dan telah menjadi desa wisata selama bertahun-tahun. Tidak hanya menawarkan suasana yang menyegarkan, tetapi lingkungan juga cukup bersih. Pengunjung juga dapat menyaksikan rutinitas sehari-hari penduduk setempat termasuk bertani, latihan terapi herbal, dll. Belum lagi turis diperbolehkan membeli berbagai jenis sayuran organik di sana! Jangan lupa fakta bahwa desa ini juga memiliki beberapa objek wisata seperti Watu Payung, Watu Gendong, dan Pancuran Sendangsari. Kegiatan lain yang bisa dinikmati adalah belajar tari lokal, musik tradisional, dan banyak lagi!

Desa Pentingsari dikelilingi oleh alam yang indah dan lestari, termasuk pohon-pohon besar dan semak-semak. Banyak rumah tradisional juga terlihat di lokasi dan ini terbuat dari bahan-bahan alami. Terlepas dari kenyataan, penduduk setempat telah membangun beberapa homestay bagi wisatawan untuk digunakan selama kunjungan. Ada danau kecil yang menampilkan kayu "Saung" di tengahnya! Ini menjadi tempat favorit wisatawan untuk bersantai dan menikmati jalan-jalan. Untuk penduduk desa, mereka ramah dan berpikiran terbuka, jadi jangan khawatir.

Aktivitas

Ini hal yang bagus. Pengunjung dapat melakukan banyak hal di Desa Pentingsari. Pertama, mereka dapat mengunjungi "Pendopo Herbal" yang terkenal di mana berbagai jenis tanaman hingga obat-obatan dibudidayakan oleh penduduk setempat. Belum lagi pengunjung memiliki kesempatan untuk mendapatkan obat tradisional seperti itu untuk menyingkirkan beberapa masalah kesehatan termasuk kadar glukosa tinggi, asam urat, dll. Faktanya, banyak orang telah membuktikan keampuhan obat tersebut. Dengan demikian, semua wisatawan harus mencobanya juga dan tidak boleh melewatkan kesempatan tersebut.

Kegiatan yang direkomendasikan berikutnya untuk dilakukan di Desa Pentingsari adalah belajar cara membuat kerajinan Janur. Penduduk setempat sering menggunakannya sebagai dekorasi selama pernikahan. Anda dapat membuat bentuk berbagai model! Ini termasuk payung, keris, gunung, belalang, burung, dll. Bagi mereka yang tidak suka belajar membuat hiasan seperti itu, membelinya sebagai hadiah dapat menjadi alternatif yang baik. Bagaimanapun, barang-barang ini terlihat sangat unik dan indah.

Apa selanjutnya? Untuk kegiatan yang lebih menantang, wisatawan harus mengunjungi jembatan sungai lava dingin untuk menikmati jalan-jalan. Jangan khawatir. Aman untuk semua orang. Kegiatan lain yang menarik pasti berkemah. Faktanya adalah bahwa Desa Pentingsari memiliki tempat berkemah yang luas di mana wisatawan dapat menggunakan baik untuk kegiatan keluar maupun berkemah. Nanti, jangan lupa mendengarkan musik tradisional yang indah (Karawitan) yang dilakukan oleh penduduk desa.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Jarak antara Desa Pentingsari dan Bandara Internasional Adisucipto adalah 22,7 km. Itu berarti perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 40-60 menit tergantung pada jenis kendaraan yang Anda gunakan. Untuk perjalanan lebih cepat, pastikan untuk mengambil Jalan Cangkringan untuk menuju ke desa. Mempekerjakan pemandu wisata tidak diperlukan karena rute cukup mudah.

or cancel