Cari Tempat Wisata


Desa Tongging : Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Danau Toba

Desa Tongging  : Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Danau Toba
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Desa Tradisional
Lokasi Indonesia / Sumatera Utara
Alamat : Desa Tongging, Danau Toba, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara
Views : 882

Menghabiskan liburan di Sumatera Utara adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Pertanyaannya adalah ke mana Anda harus pergi. Desa Tongging menjadi lebih populer akhir-akhir ini. Tidak hanya terletak di dekat Danau Toba, tapi juga menawarkan pemandangan eksotis. Desa ini terletak di kawasan Merek, Kabupaten Karo dan sekitar 40 km dari kota Brastagi yang juga tujuan favorit wisata. Selama perjalanan Anda ke Tongging, Anda akan melihat banyak tanaman dan bukit yang menakjubkan. Ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi setiap traveller. Tongging terletak di atas bukit. Itu berarti Anda bisa melihat Danau Toba yang indah dari atas.

Tongging terkenal dengan pertaniannya. Ada banyak sawah dan juga peternakan ikan. Spesies ikan yang paling populer adalah ikan nila dan ikan mas. Sebagian besar masyarakat setempat mengolah ikan-ikan ini. Anda bisa bertemu petani ini di desa dan mereka cukup mudah didekati. Jika ingin bersantai, Anda bisa mengunjungi Danau Toba. Airnya menyegarkan sehingga Anda bisa bermain di dekatnya. Ada beberapa kapal kecil di dekatnya. Anda bisa menyewa dan menjelajahi danau. Dari perahu, Anda bisa menyaksikan pemandangan spektakuler bersama keluarga Anda.

Baca juga : Taman Simalem Resort : Resor Terbaik untuk Menyaksikan Matahari Terbit dan Pesona Danau Toba

Aktivitas

Berkeliling Danau Toba hanyalah permulaan. Selanjutnya, ada petualangan trekking. Desa Tongging terletak di dekat Gunung Sipiso-piso. Anda bisa menjelajahi gunung bersama masyarakat setempat. Penjelajahan ini membutuhkan stamina dan pengalaman. Gunung ini memiliki ketinggian 1.400 meter sehingga cukup menantang bagi wisatawan. Bagi Anda yang memiliki jiwa petualang jangan pernah melewatkan kesempatan ini. Aktivitas terkenal lainnya adalah paralayang. Anda bisa melakukan aktivitas yang menggembirakan ini dari bukit. Pastikan Anda menemukan panduan terlebih dahulu. Ini harus menjadi aktivitas yang aman.

Di Desa Tongging juga terdapat air terjun Sidompak. Air terjun ini terletak di dekat desa sehingga Anda bisa mencapainya dengan mudah. Air terjun terkenal lainnya adalah Sipiso-piso yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesi dan juga ikon Provinsi Sumatera Utara. Air terjun Sipiso-piso ini terletak sedikit lebih jauh. Tetap saja, ada baiknya dikujungi. Airnya segar dan suasananya menenangkan. Begitu Anda menikmati semua atraksi ini, Anda bisa kembali ke desa. Inilah saatnya menikmati kuliner lokal. Penduduk desa memiliki hidangan buatan tangan mereka, yaitu ikan mas arsik yang resepnya sudah diturunkan dari generasi ke generasi.

Baca juga : Air Terjun Sipiso-piso : Eksotisme Keindahan Air Terjun

Desa Tongging berada dalam lokasi yang strategis. Sangat cocok untuk menyaksikan pemandangan indah di dekatnya. Ada beberapa tempat wisata yang menarik dan juga masuk dalam daftar tujuan wisata andalan Indonesia  di dekatnya. Ini termasuk Danau Toba, air terjun dan Gunung Sipiso-piso. Tujuan ini menarik lebih banyak pengunjung dari waktu ke waktu. Banyak keluarga, pendaki, petualang, dan turis dari mancanegara datang ke sini untuk bersantai. Selain keindahannya, desa ini menjadi tempat sejarah yang menarik. Anda bisa menemukan beberapa kenang-kenangan raja Silalahi di Tongging.

Menuju Lokasi

Desa Tongging masih berada di dekat Medan, Anda dapat mengambil rute menuju tempat wisata Berastagi. Dari Brastagi, perjalanan  memakan waktu sekitar 2 jam berkendara. Jaraknya sekitar 40-42 km. Selama perjalanan, Anda dapat melihat banyak tanaman rindang dan pepohonan rindang. Ini akan menjadi perjalanan yang tak terlupakan bagi Anda. Begitu Anda mencapai Tongging, Anda harus membayar biaya masuk. Jangan khawatir. Ada beberapa hotel lokal. Anda bisa menyewa kamar dengan harga terjangkau. Belum lagi Tongging juga dilengkapi beberapa stand lokal untuk membeli makanan ringan.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Sumatera Utaramore »