Cari Tempat Wisata


Gua Jomblang di Kabupaten Gunung Kidul : Gua Paling Populer di Jogja

Gua Jomblang di Kabupaten Gunung Kidul : Gua Paling Populer di Jogja
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Gua dan Terowongan
Lokasi Indonesia / DI Yogyakarta
Alamat : Gua Jomblang, Desa Jetis Wetan, Gunung Kidul, Yogyakarta
Views : 622

Apa yang membuat Kabupaten Gunung Kidul di Jogja menjadi destinasi liburan yang favorit? Nah, salah satu alasan banyak pengunjung adalah adanya tempat wisata alam yang unik seperti Gua Jomblang. Gua ini terletak di dataran tinggi dan menjadi tempat yang bagus untuk eksplorasi atau petualangan. Lokasinya berada di Desa Jetis Wetan dan termasuk dalam Kecamatan Semanu. Faktanya, pengunjung akan menemukan gua-gua lain di daerah itu! Namun, Jomblang adalah yang terbaik dalam hal popularitas. Selain terpencil, gua ini memiliki pesona lain terutama yang berkaitan dengan sejarah. Belum lagi pengunjung diperbolehkan melakukan caving dan eksplorasi di dalamnya!

Dari segi nuansa, Gua Jomblang terasa begitu damai dan lembab. Hal ini karena lokasinya berada di dataran tinggi dan setiap orang harus menjalani trekking singkat untuk mencapai lokasi tersebut. Mulut gua vertikal dan memiliki tipe kedalaman yang berbeda! Penduduk setempat biasanya menerapkan teknik tertentu untuk turun ke gua, yang disebut teknik tali tunggal. Sebagai informasi, yang paling dalam mencapai hingga 80 meter! Apakah kamu berani memasukinya?

Menjelajahi Gua Jomblang

Memang benar bahwa kebanyakan orang akan mengunjungi gua tersebut untuk melakukan caving atau penjelajahan. Namun, beberapa orang luar perlu mencari informasi yang dapat dipercaya mengenai gua tersebut terlebih dahulu sebelum menjelajahinya. Misalnya, terkait dengan rute. Menurut penduduk setempat, tersedia 4 rute untuk menjelajahi dan memasuki gua. Yang paling mudah disebut VIP, memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Adapun yang tersulit adalah jalur A (kedalaman 80 meter). Diameter gua ini 50 meter, jadi lumayan lebar dan terlihat megah!

Selain caving, ada alasan lain untuk mengunjungi Gua Jomblang. Misalnya, berkaitan dengan sejarah. Penduduk desa dan pemandu lokal akan memberi tahu informasi dengan bebas kepada pengunjung, jadi jangan khawatir. Konon gua tersebut pernah digunakan oleh pemerintah setempat untuk melakukan pembantaian terhadap anggota Partai Komunis (PKI). Nuansanya pun terasa mistis! Bahkan, penduduk setempat pernah melakukan ritual di kawasan itu demi keselamatan pengunjung dan penjelajah.

Lantas, apa yang ada di dasar Gua Jomblang? Setelah sampai di pangkalan, pengunjung mungkin menemukan banyak tanaman yang subur dan lebat. Beberapa camber alami juga bisa dilihat di dalamnya. Ditambah lagi, gua ini menawarkan stalagmit besar yang indah, yang sempurna sebagai latar belakang fotografi. Jangan lupa bawa kamera saat mengunjungi goa nantinya.

Perjalanan atau Rute Menuju Lokasi

Gua Jombang dianggap mudah. Hal pertama yang harus dilakukan pasti pergi ke Kota Yogyakarta. Bagi yang datang dari Kota Jakarta, naik pesawat di Bandara Internasional Soekarno - Hatta dan menuju Bandara Adisucipto di Yogyakarta. Penerbangan ini biasanya memakan waktu sekitar 1 jam 10 menit. Jangan khawatir. Bisa lebih cepat selama cuaca bagus. Setelah sampai di bandara, wisatawan cukup mengambil Jalan Nasional III dan menuju ke Gunung Kidul terlebih dahulu. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 1 jam 9 menit, karena jaraknya 44,8 km. Selanjutnya, mereka dapat melanjutkan menuju Gua Jomblang di Desa Jetis Wetan. Jaraknya 4 km, jadi perjalanan mungkin hanya memakan waktu sekitar 18 menit.

or cancel