Cari Tempat Wisata


Lobang Jepang (Goa Jepang) di Bukittinggi, Sumatera Barat

Lobang Jepang (Goa Jepang) di Bukittinggi, Sumatera Barat
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Gua dan Terowongan
Lokasi Indonesia / Sumatera Barat
Alamat : Lobang Jepang, Bukittinggi, Sumatera Barat
Views : 637

Dari semua manfaat yang didapat wisatawan dari liburan, pengetahuan atau informasi mengenai sejarah memang sangat membantu bagi mereka. Itu berarti wisata sejarah menjadi lebih populer belakangan ini, terutama di kalangan sejarawan. Dalam hal ini, ada tempat yang bagus untuk dijelajahi disebut Gua Jepang atau Lobang Jepang di Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya, lokasinya di Desa Bukit Cangang Kayu Ramang dan bagian dari Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi. Menurut penduduk setempat, gua atau lubang jepang adalah kenang-kenangan Angkatan Darat Jepang selama invasi mereka saat itu.

Setelah membayar sejumlah kecil biaya masuk, wisatawan diizinkan untuk menjelajahi terowongan sesuai keinginan mereka. Satu hal, nuansa di sini gelap dan lembab jadi lebih baik membawa senter saat memasuki terowongan. Juga, dianjurkan untuk datang dengan pemandu karena rute yang sulit. Faktanya adalah bahwa terowongan memiliki panjang sekitar 1470 meter dan fitur banyak lorong, yang mirip dengan labirin. Tidak heran, semua orang dapat dengan mudah tersesat jika mereka sembarangan menjelajahi terowongan (terutama tanpa bantuan pemandu).

Aktivitas

Tidak diragukan lagi, lubang (terowongan) itu tampak menakutkan dan gelap. Mengetahui fakta ini, semua orang harus mempertimbangkan kembali jika mereka ingin datang ke sana sendirian. Sebaliknya, wisatawan perlu mengunjungi dan menjelajahinya dengan pemandu wisata. Meskipun mereka datang dengan teman atau keluarga, mereka seharusnya tidak mengabaikan bantuan dari pemandu! Orang ini mungkin memberi tahu mereka baik sejarah dan legenda kota yang terkait dengan Lobang Jepang, setelah semua. Dikatakan situs tersebut telah menjadi rumah hantu orang-orang yang meninggal dalam Romusha atau kerja paksa selama masa pemerintahan Jepang saat itu.

Petualangan dimulai dari pintu masuk Terowongan Jepang (Lobang Jepang). Dari sana, wisatawan dapat turun dan melewati 130 anak tangga untuk menuju ke gua yang terletak di bawah tanah (dengan jarak sekitar 40 meter). Menurut pemandu, pintu masuk pernah digunakan sebagai lubang pengawasan oleh Angkatan Darat Jepang. Fakta unik adalah bahwa atmosfer terasa sejuk bukan lembab di bawah ini. Ketika datang ke kondisi, dinding tidak rata dan terlihat bergelombang. Konon Jepang sengaja membangunnya seperti itu untuk meredam gempa bumi!

Di masa lalu, terowongan memiliki banyak kelelawar dan menelan yang hidup di dalamnya. Hari-hari ini, untungnya, wisatawan tidak akan menemukan hewan seperti itu sehingga terlihat lebih bersih dan lebih nyaman. Ini rumor tentang terowongan itu. Konon ada lubang panjang berfungsi sebagai jebakan! Jepang membangunnya untuk mengusir penyerang selama perang. Jadi, datang dengan pemandu wisata adalah cara terbaik untuk menjelajahi terowongan dengan aman dan nyaman, bukan?

Perjalanan atau Rute Menuju Lobang Jepang

Untuk mencapai Terowongan Jepang, Anda harus pergi ke Kecamatan Guguk Panjang terlebih dahulu. Kemudian, Anda hanya perlu mengunjungi Desa Bukit Cangang Kayu Ramang tempat terowongan berada. Jika Anda datang dari Kota Padang, perjalanan mungkin memakan waktu sekitar 2 jam dan 26 menit karena jaraknya adalah 95,1 km. Untuk perjalanan yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan Jalan Lintas Barat Sumatra.

or cancel