Cari Tempat Wisata


Batu Kopi di Pulau Morotai : Batu Ajaib dan Unik yang Mengeluarkan Aroma Kopi

Batu Kopi di Pulau Morotai : Batu Ajaib dan Unik yang Mengeluarkan Aroma Kopi
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Ikon Kebanggaan
Lokasi Indonesia / Maluku Utara
Alamat : Batu Kopi, Pantai Kopi, Pulau Posiposi Rao, Morotai, Maluku Utara
Views : 10

Sebuah pulau kecil seperti Morotai menyembunyikan banyak liburan turis. Misalnya, ada Batu Kopi. Nama ini tidak cukup dikenal namun merupakan salah satu permata tersembunyi Pulau Morotai, Indonesia. Batu ini terletak di dekat pantai Posiposi-Rao. Itu adalah di bagian barat pulau. Batu Kopi bukanlah batu biasa. Batu ini memiliki aroma yang unik, mirip dengan kopi. Masalahnya tidak ada perkebunan kopi di dekatnya. Dari mana aroma berasal? Ini tetap menjadi misteri. Tidak ada yang tahu rahasia dibalik keunikan ini.

Batu ini sangat unik karena menghasilkan aroma kopi. Masyarakat setempat menganggapnya sebagai batu suci. Ada misteri tersembunyi tentang hal itu. Pada waktu tertentu, batu tersebut menyebarkan aroma kopi segar. Pengunjung bisa mencium baunya dalam rentang 10 meter. Hal ini membuat Batu Kopi populer. Lebih banyak orang datang untuk mencium aroma yang dikeluarkan ini. Bahkan, beberapa turis asing datang ke PosiPosi-Rao secara bertahap. Itu karena mereka tertarik ke batu ini.

Seperti disebutkan sebelumnya, tidak ada yang tahu dari mana aroma itu berasal. Wajar saja, seharusnya ada perkebunan kopi. Masalahnya bukan. Batu Kopi sebenarnya adalah terumbu karang. Bagaimana bisa? Terumbu karang seharusnya tidak menghasilkan aroma seperti itu. Itulah mengapa batu ini tetap menjadi misteri. Batu tersebut menyebarkan aroma kopi baik di pagi maupun sore hari. Aroma kopi akan tercium Saat pukul 8 pagi - 10 pagi dan pengunjung juga dapat menciumnya pada pukul 3 – 5 sore . Namun, tidak ada kepastian. Masyarakat lokal akan merekomendasikan kondisi yang damai dan khidmat. Ini adalah salah satu kebutuhan.

Dikatakan juga bahwa sekelompok orang memiliki sedikit kesempatan untuk mengalami hal seperti itu. Itu berarti aroma batu itu tidak mungkin untuk semua orang. Sebagian besar pengunjung adalah penduduk lokal. Padahal, beberapa turis mancanegara juga kerap datang kesini. Satu hal, tidak ada fasilitas wisata yang bagus. Wisatawan seharusnya tidak mengharapkan liburan yang nyaman karena kurangnya hotel dan fasilitas. Agak sulit mendapatkan makanan dan minuman. Lebih baik menyiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Jangan khawatir. Batu Kopi juga cocok untuk trekking, berfoto, dan olahraga air. Hal ini cukup menyenangkan dan menantang.

Ada kesempatan untuk mencium aroma segar dari Batu Kopi. Tetap saja, ada juga kesempatan untuk kecewa. Pengunjung harus mengikuti instruksi lokal. Paling tidak, mereka perlu datang pada waktu yang ditentukan. Ini meningkatkan peluang kesuksesan. Selain itu, mereka harus dengan damai dan sungguh-sungguh. Suasana khidmat membuat lebih berpeluang, tidak ada yang tahu kenapa. Karena tidak ada fasilitas turis yang cukup, pengunjung harus menyiapkan beberapa makanan, air, dan keperluan lainnya. Ada beberapa pemandu lokal. Pengunjung bisa menyewa mereka.

Perjalanan atau Rute Menuju Batu Kopi

Batu Kopi terletak di Pulau Posiposi Rao, Kepulauan Morotai, Maluku Utara. Tempat ini dapat dicapai dari Kota Daruba. Wisatawan bisa menggunakan speedboat untuk mencapai pulau ini. Dibutuhkan sekitar 1-2 jam dan itu tergantung musimnya. Batu Kopi bukan satu-satunya daya tarik di Posiposi Rao. Ada juga air terjun yang indah di dekat lokasi ini. Letaknya sekitar 500 meter dari situs Batu Kopi. Air terjun ini dikelilingi oleh alam yang belum terjamah. Sangat cocok untuk para petualang. Secara keseluruhan, Batu Kopi menjadi kebanggaan baru Kepulauan Morotai, Provinsi Maluku Utara. Setiap orang harus mengunjunginya.

or cancel

Tempat Wisata Lainnya di Maluku Utaramore »