Cari Tempat Wisata


Gereja Blenduk : Ikon Kota Semarang Tempat Fotografi Favorit

Gereja Blenduk : Ikon Kota Semarang Tempat Fotografi Favorit
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Ikon Kebanggaan
Lokasi Indonesia / Jawa Tengah
Alamat : Gereja Blenduk, Semarang, Jawa Tengah
Views : 11

Kota Tua atau Kota Lama adalah kawasan paling terkenal di Kota Semarang, tidak diragukan lagi. Salah satu alasannya adalah fakta bahwa tempat ini menawarkan banyak bangunan dan landmark bersejarah. Salah satu contohnya adalah Gereja Blenduk dan berada di Kecamatan Semarang Utara. Tepatnya terletak di Desa Tanjung Mas dan bahkan sekarang memiliki nama resmi yaitu Gereja GPIB Immanuel. Dari segi fungsi, seperti halnya gereja-gereja lain, gereja ini menampung umat Kristiani setempat dengan tempat yang bagus untuk beribadah. Meski begitu, tempat ini juga berfungsi sebagai tempat liburan bagi mereka yang menyukai sejarah dan fotografi.

Lokasinya berada di pinggir jalan raya, sehingga semua wisatawan bisa menemukannya dengan mudah. Bagaimana dengan nuansanya? Selama hari kerja, terlihat damai dan nyaman. Suasana berubah selama acara khusus dan saat beribadah. Itu menjadi sakral dan memancarkan suasana yang menakjubkan pada saat itu. Dalam hal arsitektur, gereja menerapkan desain neo-klasik dengan dominasi warna putih. Sebagai informasi, gereja ini sudah berdiri sejak 1753! Usia tua itu tidak membuatnya terlihat rapuh dan buruk. Ini memiliki dua lantai dan 3 bagian kamar. Belum lagi menerapkan desain façade tunggal! Juga, beberapa bangunan kolonial lainnya mengelilingi gereja. Sungguh area yang bagus untuk melakukan fotografi!

Itu masuk akal. Sebuah gereja menampung umat Kristiani dengan tempat yang nyaman untuk beribadah. Namun, Gereja Blenduk menawarkan lebih dari itu. Misalnya terkait dengan lokasi. Gereja tersebut berada di kawasan Kota Tua, sehingga lokasinya dekat dengan landmark terkenal lainnya termasuk Pasar Johar. Tak heran, wisatawan bisa mencapai satu tempat ke tempat lain dengan efisien selama penjelajahan. Gereja ini bukanlah pengecualian, pastinya.

Daya pikat berikutnya di Gereja Blenduk pasti adalah arsitekturnya. Beberapa orang bahkan membawa kamera dan memotret semua bagian gereja dengan penuh semangat! Kebanyakan dari mereka menyukai fotografi vintage dan sering menghabiskan banyak waktu di Kota Lama untuk mengumpulkan foto-foto itu. Ini hal yang bagus. Pihak pengelola memperbolehkan masyarakat untuk melakukan sesi foto prewedding di sana. Yang mereka butuhkan hanyalah perhatian penjaga dan memilih waktu yang tepat untuk melakukannya. Selama tidak mengganggu jamaah, mereka diperbolehkan melakukannya.

Relaksasi menjadi alasan selanjutnya mengunjungi Gereja Blenduk. Setidaknya, wisatawan bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Hal yang baik adalah gereja tersebut berada di dekat taman terkenal yang disebut Srigunting. Dengan demikian, pengunjung dapat memanfaatkan taman untuk bersantai setelah menjelajahi bangunan tersebut.

Bagi Anda yang datang dari Bandara Internasional Ahmad Yani,  Andaa dapat menggunakan layanan transportasi lokal apa saja dan langsung menuju ke Gereja Blenduk. Jangan khawatir. Perjalanan ini hanya memakan waktu sekitar 17 menit, karena jaraknya 7,4 km. Untuk perjalanan yang lebih cepat, disarankan untuk mengambil Jalan Nasional 14. Yang perlu dilakukan wisatawan adalah pergi ke Desa Tanjung Mas tempat gereja berada!

or cancel