Cari Tempat Wisata


Taman Terracotta Gandrung Banyuwangi : Menawarkan Kesenian dan Keabadian

Taman Terracotta Gandrung Banyuwangi : Menawarkan Kesenian dan Keabadian
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Ikon Kebanggaan
Lokasi Indonesia / Jawa Timur
Alamat : Taman Terracotta Gandrung, Banyuwangi, Jawa Timur
Views : 469

Banyuwangi dikenal sebagai Kota Gandrung. Gandrung sendiri merupakan tarian tradisional Banyuwangi dan ditetapkan sebagai tarian selamat datang.

Acara yang diadakan di kabupaten setempat Banyuwangi biasanya dibuka dengan pertunjukan tari Gandrung. Terutama yang diselenggarakan oleh pemerintah. Tari Gandrung telah menjadi ikon kabupaten dengan berbagai potensi wisata.

Tak hanya itu, Gandrung bahkan telah menjadi salah satu objek wisata di kabupaten setempat. Ada ribuan patung tari Gandrung di persawahan yang menjadi lokasi wisata Taman Terracotta Gandrung.

Taman Terracotta Gandrung yang terletak di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi yang diresmikan oleh pemerintah setempat pada 22 September 2018 lalu menjadi tempat wisata populer di kalangan masyarakat sekitar. Ada ratusan patung penari Gandrung yang dibangun di persawahan bertingkat di kaki Gunung Ijen.

Menurut salah satu penggagas objek wisata Gandrung Terracotta, situs yang terletak di kawasan Jiwa Jawa Ijen Resort ini dimaksudkan untuk melestarikan Tari Gandrung sebagai salah satu identitas Tanah Blambangan (Banyuwangi).

Objek wisata ini begitu istimewa karena menggunakan pendekatan regional dimana patung penari gandrung terbaring di atas persawahan yang masih alami. Sawah masih aktif ditanami padi oleh petani. Ini menciptakan kombinasi yang sangat indah.

Sejarah Seni Gandrung

Tari Gandrung berasal dari tradisi masyarakat setempat di masa lampau. Tarian ini merupakan wujud syukur atas melimpahnya hasil pertanian. Mengambil latar dari kreasi kesenian ini, patung-patung penari Gandrung di Taman Terracotta Gandrung ditata sedemikian rupa.

Patung penari Gandrung ditampilkan berdampingan dengan aktivitas petani di sawah. Mulai dari membajak sawah dengan kerbau, menanam hingga memanen padi.

Keunikan Taman Terracotta Gandrung

Dari taman tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl di sisi baratnya. Jika melihat ke arah timur, Anda akan melihat Selat Bali yang biru.

Uniknya, patung penari Gandrung terbuat dari tanah liat. Pemilihan bahan pembuatan patung ini memperhitungkan tingkat kerentanan dari tanah liat. Karya yang terbuat dari tanah liat cenderung lebih mudah pecah. Menurut penggagasnya, Taman Terracotta Gandrung menawarkan kesenian dan keabadian.

Pembukaan Taman Terracotta Gandrung ini terinspirasi dari Prajurit dan Kuda Terakota di Tiongkok yang dibangun pada masa Kaisar Qin Shi Huang (259-210 SM).

Taman Terracotta Gandrung tidak hanya menghadirkan deretan patung penari Gandrung. Saat memasuki kawasan ini, wisatawan akan dimanjakan oleh hijaunya perbukitan dan persawahan. Terkadang Anda juga akan menemukan petani membajak sawah, kebun kopi, pohon durian, berbagai jenis bambu, dan tanaman endemik lokal. Di tengah area taman terdapat amfiteater terbuka untuk pertunjukan seni terjadwal dan acara musik jazz.

or cancel