Cari Tempat Wisata


Kota Tua Muntok : kota yang kaya akan warisan budaya Eropa, Cina, dan Melayu di Bangka

Kota Tua Muntok : kota yang kaya akan warisan budaya Eropa, Cina, dan Melayu di Bangka
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Bangka Belitung
Alamat : Muntok, Pulau Bangka, Bangka Belitung
Views : 598

Selain menawarkan pemandangan pesisir yang mempesona yang dihiasi dengan batu granit yang menarik dan warisan Pertambangan Timah yang sudah tua, provinsi kepulauan Bangka-Belitung masih memiliki pesona lain dalam bentuk kota warisan tua. Terletak di wilayah barat Pulau Bangka, kota Muntok bukan hanya ibu kota Kabupaten Bangka Barat, namun juga merupakan kota bersejarah yang kaya akan warisan budaya Eropa, Cina, dan Melayu.

Muntok atau yang juga dikenal dengan nama Mentok pernah menjadi kota pelabuhan yang penting. Melalui pelabuhan ini, komoditas unggulan Bangka-Belitung termasuk lada dan timah dibawa ke kapal dagang Belanda sebelum mereka sampai di kota-kota besar di Eropa.

Mengingat peran penting kota di era penjajahan Belanda, tak heran bila Anda akan menemukan kota yang penuh dengan sejumlah besar bangunan warisan Belanda yang masih berdiri tegak saat ini menjadi saksi masa emas yang lalu. Selain warisan Belanda, kota ini juga dihiasi dengan arsitektur Cina dan Melayu. Keberadaan bangunan unik ini membagi kota menjadi tiga kelompok utama: kota tua di Eropa, Kota China dan Kota Melayu.

Kota Eropa tua ini terletak di jantung kota Muntok, sebelah utara Kota Melayu. Di sinilah, bahwa Perusahaan Pertambangan Timah Belanda, Perusahaan Unggas Banka Tin pernah didirikan. Seiring dengan Perusahaan Pertambangan, beberapa bangunan bergaya Eropa kemudian didirikan sebagai kantor pendukung sekaligus tempat tinggal karyawan Belanda. Dengan kantor Banka Tin Winning Bedrijf sebagai yang paling menonjol, sisa-sisa era Pertambangan Timah Belanda juga dapat dilihat di arsitektur Eropa lainnya termasuk di Kantor Perwakilan Belanda bersama dengan Wilhelmina Park, kompleks perumahan karyawan tambang timah, Kantor Pos , dan Pesanggerahan Muntok.

Sementara, Kota Melayu terbagi menjadi tiga sub kelompok: Kampung Tanjung (Barat), Kampung Teluk Rubia (Timur) dan Kampung Ulu (Utara). Rumah hunian Melayu tertua bisa dilihat di Kampung Tanjung dimana masih ada beberapa rumah tradisional Melayu yang terpelihara dengan baik. Bangunan Melayu lainnya yang menarik adalah Masjid Jamik, Benteng Kute Seribu, Pemakaman Kerajaan Malaya, dan SurauTanjung.

Muntok juga berperan dalam sejarah nasional Indonesia. Ada dua bangunan bersejarah di Muntok yaitu Pesanggrahan Menumbing dan Wisma Ranggam yang dulunya digunakan sebagai rumah pengasingan untuk Presiden pertama Soekarno dan Wakil Presiden pertama Mohammad Hatta antara tahun 1948-1949.

Makanan

Bangka dikenal memiliki rasa makanan dan snack yang istimewa, dan beberapa di antaranya bisa ditemukan di Muntok. Jika Anda kebetulan berada di sini jangan lupa untuk mencoba Lempah Kuning (sejenis sup), Lampek Durian, Getas (Kerupuk Ikan), Kemplang, Kue Bingke, Lakse, Kue Bluder, Otak-otak, Cempedak Goreng, dan lainnya. memperlakukan Muntok.

Perjalanan atau Rute Menuju Muntok

Kota Muntok terletak sekitar 140Km dari Pangkalpinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung, di Pulau Bangka, atau sekitar 3 jam perjalanan. Anda bisa sampai di kota ini dengan bus umum, atau transportasi khusus (travel mini bus) rute Pangkal pinang - Muntok. Jika Anda lebih memilih kemudahan dan kenyamanan Anda bisa menyewa mobil dari Pangkal Pinang.

or cancel