Cari Tempat Wisata


Wisata Banjarmasin : Kota Sungai yang Unik dan Semarak Saat Matahari Terbit

Wisata Banjarmasin : Kota Sungai yang Unik dan Semarak Saat Matahari Terbit
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Kalimantan Selatan
Alamat : Banjarmasin, Kalimantan Selatan
Views : 663

Banjarmasin adalah kota yang ada di sekitar sungai dan ada banyak tempat wisata yang layak untuk dilihat baik di dalam maupun di samping jalur airnya. Bagi Anda yang lebih suka tinggal di lahan kering, ada sejumlah lokasi tepian sungai yang menyenangkan dan pemandangan yang bisa dinikmati dari sudut pandang lain. Masjid Raya Sabilal Muhtadin dapat ditemukan tepat di seberang jalan dari satu kawasan pejalan kaki di tepi sungai.

Aktivitas

Jika Anda ingin dekat dengan monyet maka Pulau Kembang layak untuk dikunjungi. Sebuah pulau kecil yang terletak di tengah Sungai Barito, sekitar 30 menit naik perahu dari pusat kota. Perjalanan di sana juga menjadi pembuka mata, meluncur menyusuri kanal-kanal sempit melewati rumah-rumah yang dibangun di atas air bersama orang-orang yang menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Sepanjang jalan Anda juga melewati Masjid Sultan Suriansyah, masjid tertua di Kalimantan Selatan - tentu patut berhenti untuk melihat-lihat.

Begitu Anda keluar dari kanal, terutama jika Anda berada di sebuah kapal klotok kecil, luasnya Sungai Barito cukup menakjubkan. Mungkin tidak begitu cocok untuk Anda yang takut air atau tidak mampu berenang sekalipun, apalagi mengingat Anda akan berbagi ruang dengan kapal tongkang batubara yang besar dan kapal kargo yang cukup besar.

Di Pulau Kembang sendiri pemandu lokal akan dengan senang hati menunjukkannya kepada Anda dan juga memiliki banyak kacang yang tersedia untuk dijual agar Anda bisa memberi makan monyet.

Jika sebaliknya Anda menuju ke sungai Martapura pada dini hari, Anda akan dapat menikmati pengalaman lain, yang satu ini menjadi pasar terapung di Lok Baintan. Perjalanan di sana memakan waktu sekitar satu jam dan sangat menarik melihat suasana sungai hidup saat matahari terbit.

Begitu sampai di Lok Baintan, Anda disambut oleh banyak kapal yang membawa barang-barang khusus untuk dijual atau diperdagangkan. Berbagai produk segar tersedia, bersamaan dengan pilihan makanan ringan yang manis dan gurih untuk dijadikan sampel guna memuaskan selera makan setelah awal hari.

Makanan

Ada sejumlah hidangan khas Banjarmasin yang terkenal, diantaranya Soto Banjar dan Mie Bancir. Anda mungkin harus menuju ke beberapa sudut yang lebih tenang untuk menemukan santapan ini; penjual makanan ini umumnya tidak muncul pada restoran kelas atas. Salah satu tempat yang menyajikan versi lezat kedua hidangan ini adalah di Warung Ratna, tak jauh dari jalan Kolonel Sugiono, dekat pusat kota.

Jika ternyata Anda memiliki selera untuk hal-hal yang lebih manis, Banjarmasin terkenal dengan Bingka dan kelezatan Wadai Banjar (terletak tepat di luar Duta Mall di jalan Ahmed Yani), rasanya sangat lezat.

or cancel