Cari Tempat Wisata


Wisata Kota Dompu : Kota Eksotis di Sumbawa yang Menjadi Tujuan Favorit Peselancar

Wisata Kota Dompu : Kota Eksotis di Sumbawa yang Menjadi Tujuan Favorit Peselancar
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Kota
Lokasi Indonesia / Nusa Tenggara Barat
Alamat : Dompu, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat
Views : 1352

Dompu adalah ibu kota Sumbawa Tengah dan memiliki sedikit lebih banyak untuk ditawarkan daripada kota kembarnya yaitu Kota Bima dan Sumbawa Besar. Kebanyakan orang yang menuju ke Dompu adalah peselancar untuk mencari gelombang yang sempurna. Sebagian besar peselancar ini telah kembali dengan cerita liar tentang gelombang tak berujung yang menabrak pantai selatan Sumbawa. Jangan berharap bisa disambut dengan fasilitas wisata besar yang menawarkan akomodasi dengan jangkauan terbaik. Dompu adalah kota yang bisa dijadikan perhentian dalam perjalanan menuju Lombok dan Bali di Barat, namun bagi tipe yang lebih berjiwa petualang ada sedikit di balik kota ini. Bahkan jika Anda hanya berniat untuk tinggal satu hari ekstra, ada sesuatu yang akan menarik perhatian Anda dari relaksasi mata air alami hingga ras kuda Sumbawa yang ramai.

Berikut adalah beberapa pilihan yang perlu dipertimbangkan jika Anda berada di Dompu lebih dari satu hari.

Mada Prama adalah tempat yang pasti harus Anda kunjungi setelah seharian melakukan perjalanan mendaki Gunung Tambora. Mata air ini terletak sekitar 4 km dari kota utama Dompu dan merupakan tempat yang tepat untuk berenang dan mandi. Mata air terletak di hutan hujan tropis yang rimbun, jadi jangan heran jika monyet unik mengunjungi Anda.

Doro Bata adalah tempat menarik bagi mereka yang ingin menjelajahi daerah sekitar Dompu. Doro Bata adalah sisa-sisa istana Dompu yang megah. Istana ini menemui kehancurannya saat gunung Tambora meletus pada tahun 1815 dan menutupi kota dengan abu vulkanik.

Lapadi adalah tempat yang bagus untuk Anda yang tertarik dengan pacuan kuda. Setiap hari Minggu di lapadi Anda akan disambut oleh hiruk pikuk joki dan kuda yang berlomba memenangkan berbagai pacuan. Lapadi terletak 5 km selatan Dompu dan bahkan bisa dicapai dengan kuda dan gerobak tradisional. Pacuan di pulau Sumbawa tidak boleh dilewatkan jika Anda berkeliling pada hari Minggu.

Pantai Hu'u adalah tempat selancar populer yang telah dirahasiakan untuk beberapa waktu. Lokasinya sekitar 40 km dari Dompu dan sekitar 100 km dari bandara Bima. Hu'u menawarkan bentangan pantai terbesar di Nusa Tenggara Barat. Gelombang  yang panjang dan tanpa kompromi, memberi daerah itu reputasi sebagai salah satu tempat terpanas untuk berselancar di Indonesia.

Lakey, tempat terpencil ini telah mendapatkan popularitas dalam beberapa tahun terakhir dari peselancar di seluruh dunia. Ini adalah hamparan Pantai yang indah yang menawarkan beberapa breaks kelas dunia. Ada empat breaks populer di Lakey dan yang paling konsisten diberi nama Lakey Peak.

Lakey Peak adalah spot yang paling popular di daerah Pantai Lakey. Keindahan break ini yang memungkinkan mengendarai baik kanan maupun kiri. Yang terakhir adalah break yang lebih panjang namun memiliki barrel lebih berat.

Periscopes berjarak sekitar 1 km dari Pantai Lakey. Di sini Anda akan menemukan barrelling right-hander yang sangat cepat yang paling bagus saat sedang pasang.

Akomodasi berlimpah di Lakey dengan berbagai bungalow yang melapisi Pantai. Pilihan terbaik Anda adalah berkeliling di Lakey untuk menemukan tempat terbaik.

or cancel