Cari Tempat Wisata


Museum Kata Andrea Hirata : Jendela yang Menginspirasi Mimpi Laskar Pelangi

Museum Kata Andrea Hirata : Jendela yang Menginspirasi Mimpi Laskar Pelangi
Kategori : Wisata Budaya & Warisan / Museum
Lokasi Indonesia / Bangka Belitung
Alamat : Gantung, Provinsi Bangka Belitung
Views : 1984

Pulau Belitung yang indah, di lepas pantai timur Sumatra dulu dikenal hanya sebagai Billiton, produsen timah dan pertambangan timah di dunia. Tetapi dengan penurunan komoditas ini, minat terhadap Pulau Belitung lama kelamaan menjadi berkurang.

Namun, satu buku yang menarik dan kemudian dibuat menjadi sebuah film memulihkan kembali sorotan atas pulau ini dengan segala keindahannya. buku "Laskar Pelangi" dan penulisnya, Andrea Hirata, penulis yang lahir dan dibesarkan di Belitung. Saat ini, sebuah museum bernama Museum Kata Andrea Hirata berdiri sebagai jendela inspirasi bagi semua, merupakan sesuatu yang mungkin untuk mencapai impian kita meskipun banyak kelemahan, seperti novel yang telah mengajar kita.

Terletak di Jalan Laskar Pelangi No 7, di kota Gantung, Belitung Timur, di Provinsi Bangka Belitung, Museum yang pertama dan satu-satunya Museum mengenai Sastra di Indonesia. Diprakarsai dan didirikan oleh Andrea Hirata yang juga merupakan penulis sendiri, Museum pertama kali dibangun pada tahun 2010 dan secara resmi dibuka untuk umum pada tahun 2012.

Novel "Laskar Pelangi" yang diterbitkan pada bulan September 2005 dan mencapai kesuksesan yang begitu cepat. Novel ini bahkan berhasil melintasi hambatan geografis dan bahasa seperti diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Melayu, Cina, Vietnam, dan Korea.  Novel "Laskar Pelangi" menceritakan tentang bagaimana seorang anak dibesarkan di sebuah pulau kecil dan relatif terpencil di tengah-tengah segala keterbatasan dan kekurangan belum berhasil menggapai impiannya hingga pada suatu hari dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari dunia, yang pada akhirnya dapat diraih. Pada tahun 2008, novel tersebut dibuat menjadi film, dan pemandangan mempesona dari Pulau Belitung diperkenalkan ke seluruh dunia. Nama "Laskar Pelangi" bahkan menjadi nama pelabuhan setelah sukses dalam film yang fantastis.

Museum Museum Kata Andrea Hirata mengambil konsep sebagai replika SD Muhammadiyah Gantung yang merupakan pusat awal kisah yang Andrea hadirkan sebagai seorang anak. Museum Museum Kata Andrea Hirata terletak tidak jauh dari SD Muhammadiyah Gantung yang asli dan juga sekaligus merupakan lokasi film. Pembangunan museum ini untuk memenuhi janji Andrea  ketika ia menerima keuntungan dari novel yang dibuat. Dia pernah menyatakan bahwa ia akan mengalokasikan sebagian keuntungan dari novel untuk membangun sesuatu yang akan memiliki nilai pendidikan yang abadi bagi Belitung.

Inspirasi untuk mendirikan Museum Kata muncul ketika Andrea mengunjungi  Rumah dan Museum Mark Twain Boyhood di Hannibal Missouri, Amerika Serikat, di mana ia kuliah di University of Iowa untuk belajar sastra selama tujuh bulan.

Lingkungan Sekitar

Luas wilayah Pulau Belitung cukup kecil, taksi dan transportasi umum lainnya sulit dijumpai. Cara praktis adalah dengan menyewa mobil atau sepeda motor.

Makanan

Tersedia banyak restoran di Tanjung Pandan, mulai dari Nasi Padang hingga Chinese Food . Berikut ini restoran terbaik yang terdapat di Pulau Belitung:

  1. Rumah Makan Belitong Timpo Duluk
  2. Mie Belitung Atep
  3. Lemadang Seafood and Grill
  4. Restoran Dynasty
  5. Mr JO Seafood
  6. Raja Seafood Belitung
  7. Restoran Thai Fa
  8. Mie Belitung Yamien Nyong Choi

Penginapan

Berikut ini adalah hotel terbaik yang diurutkan berdasarkan peringkat di Pulau Belitung:

  1. BW Suite Belitung
  2. MaxOne Hotels Belstar Belitung
  3. Billiton Hotel and Klub
  4. Golden Tulip Essential Belitung
  5. Green Tropical Village

Mencapai Lokasi

Jarak antara kota utama Tanjung Pandan ke Kecamatan Gantung adalah sekitar 11 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dari bandara di Tanjung Pandan, Anda dapat merental mobil.

Jika Anda ingin mengambil transportasi umum, tersedia bus dan mini bus yang melayani rute dari Tanjung Pandan-Gantung. Namun transportasi tersebut  terbatas dan beroperasi hanya dari pagi hingga jam 12:00.

or cancel